http://cursor.com/images/12a.gif
SELAMAT DATANG DI SEANANA
0

tips aman saat travel sendirian

Posted by putriayu on 20.32

Tips Aman Traveling Sendirian


Yang rame-rame memang seru sih. Tetapi tidak selamanya kok, karena kesendirian juga menawarkan keseruan yang sama dengan caranya sendiri. Salah satunya adalah dengan traveling sendirian.
Traveling sendirian itu sensasinya menyenangkan sekali. Kalian bakalan disuguhi banyak pilihan yang benar-benar bebas untuk kalian ambil, semau kalian, sesuka hati kalian, tanpa harus memikirkan orang lain setuju atau tidak. Kalian bisa jadi “seenaknya sendiri,” menentukan ke tempat mana kalian mau melangkah. Jangan ngaku-ngaku traveler sejati deh kalau belum pernah traveling sendirian.
Tertarik untuk mencobanya? Ingat, karena tidak ada teman, otomatis kalian dituntut untuk lebih berhati-hati. Tips traveling sendirian di bawah ini bisa jadi penyelamat kalian sebelum berangkat.

Ketahui Semua Hal Tentang Tempat yan Akan Kalian Tuju

Setelah kalian memilih tempat tujuan, kini saatnya mencari tahu semua hal tentangnya. Lakukanlah riset harga tiket menuju ke sana, akomodasi, tarif dan jam operasional transportasi umum yang bisa kalian ambil, rute serta harga tiket masuk tempat wisata – pokoknya semuanya deh. Hal ini bukan hanya mempermudah perjalanan kalian, tetapi juga membuatnya semakin aman. Dengan mengetahui semuanya, kecil kemungkinan kalian akan tersesat, atau bahkan yang lebih buruk, seperti ditipu.
Banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang mematok tarif tidak semestinya. Mereka memanfaatkan kesendirian dan minimnya pengetahuanmu tentang daerah tersebut. Kasus yang sering terjadi adalah tarif taksi yang tidak wajar. Gunakanlah aplikasi maps di smartphone kalian untuk mengetahui rute di daerah yang dirasa perlu.

Jangan Malu Bertanya

Ingat, malu bertanya sesat di jalan. Traveling sendiri itu bukan soal gaya. Kalian tidak harus gengsi untuk bertanya dan mendiskusikan destinasi perjalanan dengan orang lain. Kalian bisa mulai melemparkan pertanyaan ke forum-forum backpacker yang sekarang banyak sekali tertebar di dunia maya.
Lebih baik lagi jika kalian punya teman yang sebelumnya pernah mengunjungi destinasi tersebut. Jangan ragu untuk bertanya kepada mereka soal apa pun, manfaatkan keberadaannya sebagai sumber informasi yang valid.

Siapkan Rencana Perjalanan dan Keuangan Selengkap Mungkin

Informasi tentang tempat yang akan dikunjungi, harga tiket, akomodasi dan lain-lain sudah di tangan, kan? Nah, saatnya menuliskan semuanya pada buku catatan agar kalian tidak kehilangan arah ketika tiba-tiba lupa mau pergi ke mana lagi. Buku catatan tersebut bisa jadi pemandu berharga di negeri antah berantah. Tidak ada teman di samping kalian, jadi lupakan pertanyaan “Habis ini kita ke mana, ya?”
Cobalah untuk sedetail mungkin dalam merencanakan semuanya. Dari awal kalian bangun sampai kalian pulang. Setidaknya kalian tahu jenis transportasi apa yang bisa kalian pakai untuk pindah dari satu destinasi ke destinasi lain, dan berapa jumlah uang yang harus kalian keluarkan untuk itu.
Yah, namanya juga rencana, tentu tidak harus semuanya kalian jalani seratus persen. Akan selalu ada hal-hal yang tidak terduga terjadi, kapan pun dan di mana pun. Tidak perlu dikhawatirkan, karena hal tersebutlah yang bisa menambah keseruan traveling kalian.

Pelajari Cara Packing yang Benar dan Cepat

Mempelajari cara packing yang benar dan cepat akan sangat membantu kalian. Karena merasa sendirian, kalian biasanya tertarik untuk membawa semua barang yang sebenarnya tidak perlu. Ketahui barang apa saja yang benar-benar akan terpakai sehingga tidak menjadi muatan yang tidak berguna. Beban yang ringan akan membuat kalian lebih mudah bermanuver dari satu tempat ke tempat lain.
Packing dengan benar saja tidak cukup, kalian juga perlu mengeksekusi semua barang bawaan dengan cepat. Karena tidak ada teman di samping kalian yang bisa dijadikan alarm, terkadang kalian bangun terlambat karena kecapean dan melewatkan jadwal transportasi tertentu.
Nah, di sinilah fungsi dari packing dengan cepat.

Matahari Sebagai Senjata Utama

Maksud dari matahari sebagai senjata utama adalah karena ia mempermudah segala sesuatu. Pastikan kalian tiba di kota tujuan pada siang hari untuk mempermudah kalian dalam mencari seluruh kebutuhan, seperti penginapan dan tempat makan, atau mungkin berkeliling kota sebentar.
Transportasi juga lebih mudah ditemukan pada saat siang hari. Beberapa kota menentukan rute angkot mereka berdasarkan kode huruf tertentu. Misalnya, di Malang seluruh angkot berwarna biru, namun setiap angkot memiliki tujuan yang berbeda berdasarkan kode huruf yang dimiliki. Dengan adanya matahari, kalian akan lebih mudah untuk memilih angkot mana yang menjadi tujuan kalian. Matahari juga membantu kalian dalam menemukan dan membaca papan informasi dengan mudah.

Sebar Keberadaan Uang dan Dokumen Penting

Kebanyakan orang meletakkan seluruh uang dan dokumennya pada satu dompet. Di satu sisi, hal ini memang efektif karena kalian tidak perlu bersusah-payah mencari hal tersebut, karena semuanya berada pada satu tempat yang sama. Tetapi di sisi lain, hal tersebut bisa jadi sangat merugikan ketika melakukantraveling sendiri.
Potensi bahaya seperti kecopetan atau dompet hilang semakin besar ketika kita di kota orang. Kalian bisa meminimalkan bahaya tersebut dengan cara meletakkan uang dan dokumen penting di tempat yang berbeda. Gunakan tempat paling tersembunyi, seperti kaos kaki atau sabuk untuk menyimpannya. Jadi, jika seandainya hal buruk terjadi pada dompet kalian, kalian tidak terlalu panik karena punya cadangannya.
Hal ini juga berlaku pada dokumen penting. Sebisa mungkin buat hardcopy dan softcopy dari dokumen tersebut. Untuk softcopy, kalian bisa menggunakan media dropbox yang bisa kalian akses dari mana pun ketika dibutuhkan.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, perjalanan kalian bisa jadi lebih nyaman dan aman. Tetap kabari atau berkomunikasilah dengan teman dan keluarga, jadi jika hal buruk terjadi pada kalian, mereka tahu di mana kalian berada.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 seanana All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.