http://cursor.com/images/12a.gif
SELAMAT DATANG DI SEANANA
0

Tempat diindonesia yang wajib dikunjungi

Posted by putriayu on 21.03

Tempat diindonesia yang wajib dikunjungi


1. Pulau Komodo

Pantai Pink Pulau Komodo
Pantai Pink Pulau Komodo
Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama pulau-pulau lain di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat binatang komodo yang wajib dilindungi. Salah satu penghargaan tertinggi yang berhasil diraih adalah berhasil masuk dalam jajaran tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenal dengan New Seven Wonders of Nature pada tahun 2011.
Tempat wisata ini menawarkan keindahan daratan dan alam bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam sampai snorkerling.
Untuk trekking, Anda bisa menjelajah pulau bersama rombongan dan seorang ranger atau pemandu. Dalam perjalanan, Anda bisa menemukan komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Ranger akan membekali Anda dengan sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini dipercaya dapat melemahkan komodo saat binatang ini mulai menyerang. Dengan menekan leher komodo menggunakan ujung tongkat yang bercabang, binatang ini seketika akan jinak. Penting bagi Anda untuk menjaga setiap gerakan saat berjalan karena binatang ini sangat peka terhadap gerakan yang tiba-tiba.
Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo tak kalah seru. Tempat wisata ini juga dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan menjadi salah satu lokasi menyelam favorit. Yang menarik lagi adalah adanya Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini adalah salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna kemerahan. Warna ini diduga berasal dari serpihan koral yang hancur dan bercampur bersama pasir pantai. Saat terkena ombak, warna merah semakin terlihat jelas karena basah.

2. Trio Gili

Gili Lombok
Gili Lombok
Trio Gili merupakan tiga pulau cantik yang ada diLombok. Ketiga pulau tersebut antara lain Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga telah berhasil mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk datang.
Dari ketiga pulau tersebut, bisa dibilang Gili Trawangan adalah yang paling populer. Selain karena ukurannya yang lebih luas dibanding kedua pulau lainnya, di sini juga telah berdiri banyak tempat hiburan seperti bar dan kafe. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini mulai dari berjemur, menyelam sampai snorkeling. Yang lebih asyik, Anda juga bisa menyewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda semacam delman, untuk berkeliling pulau.
Meskipun Gili Trawangan lebih banyak dikunjungi, namun Gili Meno dan Gili Air tak kalah menarik. Kedua pulau ini juga memiliki keindahan pantai dan alam bawah laut yang menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sepi dan tenang sehingga cocok untuk Anda yang memang ingin lepas dari keramaian.

3. Raja Ampat

Raja Ampat
Raja Ampat
Raja Ampat menjadi primadona baru di dunia pariwisata Indonesia. Pesona tempat wisata di Indonesia ini mulai banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Raja Ampat sendiri merupakan kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sini, yaitu Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.
Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Perairan di tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan The Nature Conservancy menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat. Untuk membuktikannya, silakan siapkan perlengakapan menyelam Anda dan mulailah menjelajahi alam bawah lautnya. Bulan Oktober dan November disebut sebagai waktu yang terbaik untuk menyelam di sini karena cuaca dan kondisi perairan sangat ideal.
Selain menyelam, Anda juga bisa menjelajah keindahan daratan pulau-pulau di Raja Ampat ini. Warga setempat akan dengan senang hati menawarkan jasa sebagai pemandu. Selama trekking, Anda juga bisa mampir ke rumah-rumah warga dan berinteraksi secara langsung atau membeli kerajinan tangan seperti patung suku Asmat dan alat musik tradisional hasil karya mereka sebagai suvenir.

4. Danau Sentani

Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani disebut sebagai danau terbesar dengan di Papua. Tak mengherankan memang, karena danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.
Apa saja yang bisa Anda lakukan di sini? Banyak. Anda bisa memancing, berenang atau berkeliling danaudengan perahu sewaan. Jika masih merasa masih kurang, kenapa tak berkunjung ke desa-desa setempat? Anda bisa mampir ke rumah-rumah dan berbincang sambil menikmati kuliner khasnya.
Jika Anda berkunjung pada pertengahan bulan Juni, selamat! Anda bisa sekaligus menikmati Festival Danau Sentani. Festival ini merupakan acara rutin tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukkan seni dan budaya Papua. Selain itu, beragam kuliner khas Papua bisa Anda nikmati di sini.

5. Bali

Bali
Bali
Siapa tak mengenal Bali? Sulit untuk memilih tempat wisata apa yang paling menarik di Bali, karena hampir seluruh penjuru Bali adalah tempat wisata yang luar biasa. Bali memiliki banyak keindahan alam yang sangat indah mulai dari deretan pantainya, suasana pegunungannya sampai pura-pura sakralnya. Dari sekian banyak tempat wisata menarik, yang paling populer di telinga wisatawan tentu saja Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan suasana pedesaan Ubud.

6. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang lagi-lagi ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia, tepatnya pada tahun 2005. Hal ini dikarenakan kekayaan dan keragaman biota lautnya yang luar biasa mulai dari terumbu karang, rumput laut sampai spesies ikan yang ada.
Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam dan bersentuhan langsung dengan ikan-ikan di sini, Anda juga bisa menyelam bersama kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini memiliki dinding kaca transparan untuk memudahkan Anda melihat pemandangan bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan basah. Hmm, menarik!

7. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya atau yang biasa disebut dengan Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncakgunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi adalah Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.
Puncak Jayawijaya ini pertama kali ditaklukan oleh seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya. Hmm, apakah Anda pendaki selanjutnya yang berhasil menaklukan Puncak Carstensz?

8. Tana Toraja

Tana Toraja
Tana Toraja
Tana Toraja memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari deretan pegunungan dan hijau perbukitannya. Selain kaya akan alamnya, tempat wisata d Indonesia ini juga kaya akan budaya leluhur yang masih dijaga sampai saat ini. Di sini, ada banyak tradisi kuno yang masih dipertahankan, salah satunya adalah Rambu Solo’.
Rambu Solo’ merupakan upacara pemakaman di Tana Toraja. Apa menariknya upacara pemakaman? Eits, upacara pemakaman adat Tana Toraja ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Rambu Solo’ merupakan satu-satunya upacara pemakan termahal di Indonesia dan mungkin juga di dunia. Upacara ini dilakukan selama berhari-hari dengan biaya yang tak sedikit. Salah satu ritual yang dilakukan adalah sembelih kerbau. Kerbau ini tak cukup hanya satu. Semakin tinggi kasta orang yang meninggal, maka semakin banyak kerbau yang dikorbankan.
Orang-orang Tana Toraja percaya bahwa selama belum dimakamkan, orang yang meninggal adalah orang yang sedang sakit. Tubuhnya sengaja disuntik formalin agar tak membusuk selama menunggu keluarga bisa menyelenggarakan Rambu Solo’. Orang yang meninggal dianggap hanya sedang dalam kondisi sakit saja. Keluarga tetap memperlakukannya seperti orang yang masih hidup, mengajaknya mengobrol dan bercanda. Jika telah dilakukan Rambu Solo’, barulah keluarga percaya orang tersebut sudah meninggal.
Jika Rambu Solo’ kurang menantang bagi Anda, cobalah mengunjungi Londa atau makan gantung ala Tana Toraja. Di sini, Anda bisa menemukan banyak peti mati yang digantungkan dalam gua di tebing curam. Berani berkunjung?

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.
Tempat wisata di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Mitosnya, jika Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga bisa membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur.
Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisata di sini. Yang paling diminati wisatawan adalah acara puncak berupa pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut akan dilepaskan bersama dengan doa dan harapan untuk satu tahun ke depan.

10. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Jika biasanya Anda bisa mengunjungi sebuah museum untuk lebih mengenal kebudayaan suatu daerah, kali ini Anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah sebagai sebuah museum raksasa untuk mengenal kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Indonesia yang digagas oleh Tien Soeharto ini menjadi tempat untuk melihat kebudayaan Indonesia dalam versi mini.
Di kawasan tempat wisata di Indonesia ini terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang menyerupai pulau-pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anda bisa berkeliling danau ini dengan menggunakan perahu angsa yang telah disediakan.
Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki anjungan daerah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setiap anjungan daerah berbentuk rumah adat dan di dalamnya terdapat pakaian tradisional, peralatan rumah tangga sehari-hari dan senjata tradisional. Ada juga kafetaria di setiap anjungan yang menyajikan kuliner khas daerah masing-masing.
Selain miniatur kepulauan Indonesia dan anjungan daerah, Taman Mini Indonesia Indah juga masih memiliki banyak museum dan wahana rekreasi untuk keluarga. Tempat wisata di Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengenalkan Indonesia pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

0

Manfaat Traveling Buat Kesehatan

Posted by putriayu on 20.59

Manfaat Traveling Buat Kesehatan



Traveling atau jalan-jalan ke tempat baru udah pasti jadi kegiatan yang nyenengin. Selain ngelihat tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungin, Loopers juga bisa lihat kebudayaan masyarakat sekalian wisata kuliner di daerah itu. Nah beruntunglah Loopers yang suka traveling. Soalnya traveling selain seru juga punya manfaat kesehatan Loopers, baik buat badan dan pikiran.

Latihan fisik
Saat traveling, Loopers mungkin bakal jalan kaki lebih sering daripada biasanya. Ya iyalah namanya juga jalan-jalan. Berkunjung ke banyak tempat seharian dengan jalan kaki atau ganti-ganti kendaraan umum udah pasti nuntut Loopers untuk punya fisik yang kuat. Dengan begitu, jantung Loopers bakal kerja memompa darah lebih banyak sehingga aliran darah Loopers bakal kembali lancar. Kalo fisik udah lumayan kuat, Loopers bisa nyoba jenis traveling yang levelnya lebih berat, macam naik gunung atau panjat. Punya nyali gak Loopers?

Pengalaman baru
Loopers bisa ngelakuin kegiatan yang nggak pernah atau nggak biasa Loopers lakuin sebelumnya. Traveling ngajarin Loopers buat keluar dari rutinitas dan nyoba hal-hal baru. Banyak pengalaman yang bakal Loopers temuin waktu kamu traveling. Kaya pengalaman ke tempat baru, makanan baru, sampai ketemu orang-orang baru. Kalo udah gini, Loopers pasti bisa ngerasain diri Loopers kembali ‘fresh’ dan rasa kepedulian sosial Loopers bakal makin ningkat.

Dapat udara segar
Waktu traveling, kebanyakan kegiatan Loopers bakal ada di luar ruangan. Jadi nggak nongkrong doang di dalam rumah. Loopers bisa ngunjungin kebun binatang, taman, atau cuma jalan-jalan wara-wiri ngalor-ngidul nggak ada tujuan. Nah, sebenarnya banyak manfaat tiap Loopers jalan-jalan keluar. Loopers bisa menghirup udara segar dan menuhin kebutuhan vitamin D di badan pas kulit Loopers kena sinar matahari pagi. Jangan takut item, sob. Yang penting kan hati senang, dan badan sehat.
Ngurangin stres
Kebanyakan orang yang tinggal di kota cepat kena stres dibanding sama orang-orang yang tinggal di desa. Nggak cuma orang dewasa yang udah kerja, tapi juga anak-anak yang masih sekolah. Nah, makanya jangan pernah nganggap remeh stres yang Loopers alami. Soalnya ini bisa nimbulin penyakit dan punya efek negatif jangka panjang. Jadi kalo Loopers ngerasa stres, jangan langsung ke dokter. Mendingan Loopers luangin waktu sebentar buat jalan-jalan, travelling. Nggak perlu ribet nentuin tujuan yang jauh. Tempat semacam taman kota atau tempat-tempat wisata dalam kota aja udah bisa ngurangin stres lho Loopers.

0

Tempat destinasi murah diluar Negeri

Posted by putriayu on 20.58
Dengan berbagai pilihan tempat wisata, wisata ke luar negeri dengan biaya murah ini tetap dapat menjadi pilihan untuk bersantai dan beristirahat sejenak dari rutinitas Anda.
Berikut 12 destinasi liburan ke luar negeri dengan  biaya murah sbb:

1. Kamboja

Kamboja
Kamboja - Liburan Ke Luar Negeri via bhq.web.id

Negara-negara di kawasan asia tenggara menjadi target utama para turis mancanegara dengan budget yang minim. Seperti di Kamboja, jika Anda berlibur di sini biaya hidupnya amat sangat murah. Biaya menginap di hotel bisa mencapai Rp25 ribu per malam. Makanan dan minuman pun sangat murah harganya. Biaya paling mahal yang akan Anda keluarkan hanya ketika Anda memasuki wilayah Angkot Wat yang terkenal itu, biayanya sekitar Rp230 ribu, selebihnya murah meriah.

2. Nikaragua

Nikaragua
Nikaragua - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via retirenicaragua.com

Nikaragua yang berada di kawasan Amerika Tengah, merupakan negara yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur dengan biaya murah. Banyak atraksi dan pertunjukkan menarik yang bisa dinikmati Anda dengan harga yang sangat murah. Penginapan pun rata-rata harganya Rp120 ribu per malam. Untuk harga makanan dan minuman rata-rata mencapai sekitar Rp10 ribu - Rp20 ribu saja.

3. Polandia

Polandia
Polandia - Destinasi Liburan via pixabay.com

Polandia dapat menjadi salah satu pilihan negara eropa yang tidak membutuhkan biaya mahal. Dengan berbagai situs sejarah dan arsitektur bangunan yang sangat mewah dan berkelas, yang dapat memberikan kesan berbeda bagi Anda sebagai pelancong. Meski begitu, biaya hidup di polandia tergolong paling murah jika dibandingkan dengan negara eropa lainnya. Satu paket makanan di restoran khas Polandia saja sangat murah, sekitar Rp50 Ribu.

Baca Juga : 15 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

4. Sri Lanka

Sri Lanka
Sri Lanka - Destinasi Liburan via youngxdreamers.com

Saat Anda berkunjung ke Sri Lanka, Anda dapat menggunakan kereta api dengan harga tiket hanya Rp20 ribu. Biaya menginap satu malam pun Anda hanya diharuskan membayar sekitar Rp60 ribu saja. Tidak hanya itu, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp12 ribu untuk makanan tradisional seperti kari dan nasi. Sangat murah bukan? Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi berbagai macam taman nasional Sri Lanka, dengan biaya Rp120 ribu.

5. Mesir

Mesir - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Mesir - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via taqiatravel.com

Negara yang terkenal dengan piramidanya ini, dapat menjadi pilihan destinasi liburan Anda dengan biaya murah. Untuk penginapannya sendiri, Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp50 ribu saja semalam. Sedangkan untuk satu paket makanan khas Mesir Anda cukup membayar Rp25 ribu. Bagi Anda yang akan berkunjung ke negara ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp60 ribu untuk berkunjung ke piramida. Menarik bukan?

6. Albania

Albania - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Albania - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via diplomathotels.al

Albania dan Kroasia, keduanya sama-sama merupakan negara yang memiliki suasana keindahan negeri Balkan. Tapi untuk urusan biaya, Albania jauh lebih murah dibandingkan dengan Kroasia. Biaya penginapan di Albania hanya sekitar Rp120 ribu semalam. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati berbagai jenis makanan enak dan berkualitas dengan harga murah. Terutama bagi Anda yang ingin menikmati suasana negeri balkan dengan harga murah, Albania tentu menjadi pilihan yang tepat.

7. Vietnam

Vietnam - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Vietnam - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via lighthouseclub.asia

Anda penikmat wisata kuliner? Pasti Anda tidak akan pernah menyesal mendatangi Vietnam. Di negara ini Anda dapat menikmati berbagai macam jajanan dan kuliner dengan harga murah meriah. Hanya dengan membawa uang senilai Rp100 ribu, Anda bisa duduk di kursi plastik di pinggiran jalanan sambil menikmati kuliner khas Vietnam. Untuk tiket bus murah dan tiket penginapannya sendiri hanya sekitar Rp50 ribu semalam.

8. Bolivia

Bolivia - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Bolivia - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via upload.wikimedia.org

Secara umum, biaya hidup di Bolivia tergolong murah dan terjangkau. Anda bisa menggunakan tranasportasi umum dengan harga yang sangat murah. Penginapan dan asrama hampir semuanya terjangkau. Makanan di restoran pun bisa Anda nikmati hanya dengan harga sekitar Rp25-35 ribu saja.

9. Yunani

Yunani - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Yunani - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via picasik.com

Beberapa dari Anda mungkin mengira berlibur ke negeri para dewa ini membutuhkan biaya mahal. Namun tahukah Anda, Yunani adalah salah satu negara yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah. Anda dapat menikmati berbagai kuliner seperti pie bayam, dan tempat menginap dengan harga relatif murah, ditambah dengan pemandangan pantai yang mempesona serta gaya khas perumahan di Yunani yang beratap putih biru menambah keindahan negara tersebut.

10. Laos

Laos - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Laos - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via arounddeglobe.com

Laos merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, dikarenakan biaya hidup di negara ini terbilang murah. Untuk biaya menginap di bungalow saja Anda cukup membayar Rp120 ribu. Street food rata-rata harganya sekitar Rp12 ribu – Rp25 ribu. Jika Anda berkunjung ke negara ini, cobalah untuk makan di pinggir jalanan Laos seraya menikmati indahnya tepi sungai Mekong.

11. Aljazair

Aljazair - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
Aljazair - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri via 1.bp.blogspot.com

Aljazair adalah salah satu negara yang terkenal dengan berbagai tempat wisata religi, seperti masjid Ketchaoua menjadi daya tarik para wisatawan karena bangunan mesjid ini didirikan sekitar abad ke-17. Selain itu ada menara masjid tertinggi di dunia yang lokasinya berada di Aljir. Wisata ke Aljazair akan sangat seru dan menambah keimanan serta menambah wawasan sejarah. Untuk biaya hidup Anda tak perlu khawatir, karena biaya hidup di sini jauh lebih murah daripada biaya hidup di Indonesia. Anda tidak percaya? Di sini harga secangkir kopi Cappucino saja hanya Rp 8 ribu, jika di Indonesia harganya bisa mencapai sekitar Rp22 ribu. Harga sekilo apel sekitar Rp21 ribu, dan untuk 1 liter susu harganya Rp4 ribu, sedangkan untuk harga roti tawar Rp2 ribu. Untuk transportasi seperti taksi harga per km nya lumayan murah, Anda hanya membayar sekitar Rp3.900 saja. Murah sekali bukan?

12. India

India - Destinasi Liburan Ke Luar Negeri
India -Destiinasi Liburan Ke Luar Negeri via greavesindia.com

India juga merupakan salah satu destinasi wisata yang murah. Budayanya yang kental menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing dan lokal. Untuk biaya hidup, negara ini tergolong murah bahkan lebih murah daripada di Indonesia. Menurut data yang beredar Consumer Price Index, India ini berada pada posisi 26,27%. Angka itu lebih rendah 13% daripada di Indonesia. Anda bisa menikmati makanan di restoran India dengan hanya cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp103 ribu, secangkir kopi cappucino harganya Rp15 ribu, 1 liter susu harganya Rp8 ribu dan harga roti tawar pun Rp9 ribu. Di samping itu, harga ongkos taksi pun sangat murah per km nya, Anda cukup membayar sekitar Rp3 ribu per km.

0

hal yang harus dibawa saat traveling

Posted by putriayu on 20.57

hal yang harus dibawa saat traveling

1. TRAVEL LOCK (GEMBOK KOMBINASI)

travel lock gembok kombinasi
Saat sedang traveling, hampir pasti kita membawa bawaan yang dimasukkan ke dalam ransel atau koper. Terkadang di dalamnya juga terdapat barang. Untuk memastikan keamanan atau sekedar mengurangi resiko kehilangan barang, kita bisa mengunci ransel atau koper kita tersebut dengan travel lock yang hanya bisa dibuka jika kita mengetahui kombinasi dari angka-angka yang ada pada travel lock tersebut. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kita mencatat kombinasi angka yang kita pakai untuk membuka travel lock dan menyimpannya dalam tempat tertentu, dompet misalnya. Hal ini mencegah kita lupa kombinasi angka yang kita pakai. Kan gawat tuh kalau kita sendiri malah tidak bisa membuka ransel/koper kita sendiri hanya gara-gara kita lupa dengan kombinasi angkanya?

2. KAMERA ATAU SMARTPHONE


kamera dan gadget untuk travelng
Jaman sekarang, Documentation is a must! Anda mungkin boleh berpendapat bahwa anda tidak suka foto-foto atau lebih suka menyimpan momen dan pengalaman di dalam pikiran anda sendiri. Gak ada salahnya sih berpendapat seperti itu. Namun mengingat biaya traveling kita (besar kecilnya tergantung, yang pastinya sih ngeluarin duit), akan lebih baik jika kita bisa mengabadikan momen perjalanan kita untuk bisa dikenang di kemudian hari (tsaaah)..
Coba bandingkan kedua pernyataan ini?
Pak Joko1: Nak, bapak dulu waktu muda pernah naik Rinjani lho..!
Pak Joko2: Nak, ini foto bapak jaman masih muda dulu di puncak Gunung Rinjani, keren kan?
Kira2 mana yang lebih menarik bagi si anak? ūüėÄ

3. CHARGER

charger
Nah, klo ini udah sepaket dengan barang elektronik yang kamu bawa. Pastikan kamu tidak lupa membawa charger agar alat elektronik yang kamu bawa bisa terus menyala. Tapi jangan kebangetan juga ya, misalnya setiap nemu colokan langsung seradak-seruduk nyolok. Misalnya pas di warung, atau mushola langsung main colok aja. Colok-mencolok juga ada tata kramanya broo.. Usahakan mencolok charger pada tempatnya, misalnya pas di penginapan. Atau kalau memang bener-bener penting dan kepepet, kita bisa meminta ijin dulu kepada pihak yang bersangkutan untuk bisa numpang nge-charge di tempat umum.

4. KABEL ROL ATAU ‘T’

kabel rol
Pada saat kamu traveling, berapa banyak barang elektronik dan gadget yang kamu bawa? Kamera, handphone, powerbank semuanya akan menuntut untuk di-charge pada saat battery-nya habis. Padahal biasanya waktu kita terbatas untuk melakukan pengisian daya untuk semua gadget dan peralatan elektronik yang kita bawa. Dengan membawa kabel rol sendiri, kita bisa mengefisienkan waktu karena kita bisa melakukan pengisian daya untuk semua gadget dan elektronik yang kita bawa secara bersamaan. Kabel rol menjadi semakin penting untuk dibawa pada saat kita pergi mengikuti trip gabungan, dimana semua peserta pastinya juga mempunyai kebutuhan yang sama dalam hal charge menge-charge, sedangkan sarana dan prasarana (maksudnya colokan) jumlahnya terbatas.

5. POWERBANK

powerbank
Benda yang satu ini mungkin sudah bukan benda asing lagi bagi pemilik gadget, terutama bagi kamu-kamu yang suka bepergian. Powerbank memang bisa menjadi penyelamat di saat battery gadget kita sedang kritis, sedangkan saat itu kita sedang berada jauh dari colokan. Saat ini powerbank mudah ditemukan karena banyak dijual di berbagai tempat dengan berbagai pilihan daya. Bahkan, saat ini juga sudah tersedia powerbank tenaga surya yang cocok banget buat para traveler yang sering pergi ke tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh listrik, Gunung dan Hutan misalnya.

6. EARPHONE

earphone
Pernah bosen dan mati gaya sewaktu di perjalanan? Misalnya saat kita duduk berjam-jam di bus, perahu, atau kereta. Apalagi kalau kita sendirian dan tidak ada teman buat ngobrol.. Beugh, udah pasti langsung krik.. krik.. banget deh. Makanya, selalu sedia earphone di tas kamu. In case, kamu lagi mati gaya.. ada mbak Maudy Ayunda yang bisa nemeni kamu lewat suara merdunya.. “Perahu kertas ku kan melaajuuu..”
NB: kalau bawa earphone, jangan lupa bawa gadget atau mp3 player juga ya, kalo cuma bawa earphone doang mau dicolokin dimana? Hidung?

7. KACAMATA HITAM

sunglasses kacamata hitam
Benda yang satu ini mungkin sering dikenal sebagai aksesoris untuk bergaya. Gak salah juga sih, soalnya memang banyak orang yang level kepedeannya langsung naik drastis begitu memakai kacamata hitam. Namun dibalik itu, kacamata hitam memiliki banyak kegunaan. Kegunaan utamanya adalah melindungi mata kita dari banyak hal seperti silaunya cahaya matahari serta debu-debu dan pasir yang berterbangan biar gak masuk ke mata. Selain itu, ada kegunaan lain juga nih. Bisa dipake dan digunain buat ngelirik cewek cakep tanpa takut ketauan, hahaha.. modus!

8. P3K PRIBADI

P3K PRIBADI
Selama di perjalanan, kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi dan menimpa kita. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membawa P3K sederhana jika sedang bepergian. Gak perlu banyak-banyak, gak usah bawa botol infus segala, cukup membawa obat-obatan seperlunya saja. Contohnya kamu bisa membawa plester buat luka, obat untuk pusing dan masuk angin, serta minyak kayu putih. Gak usah bawa foto mantan segala, itu gak bisa buat menyembuhkan luka di hati kamu..

9. SENTER

senter
Menurut wikipedia, Senter adalah sebuah alat listrik portabel yang merupakan sumber cahaya untuk menerangi dan dioperasikan dengan baterai. Sebenernya tanpa dijelaskan pun udah tau kan fungsi senter buat apa? Ya, Senter merupakan salah satu benda penting yang harus kamu bawa terutama ketika kamu bepergian ke alam bebas. Walaupun sebenernya kamu bisa nebeng temen karena kamu gak mau ribet bawa, tapi usahakan selalu membawa senter sendiri karena benda ini bisa menjadi yang sangat kita butuhkan, misalnya saat kita tersesat, terpisah dengan teman-teman lainnya sedangkan hari mulai gelap. Bayangkan jika kita tersesat sendirian di tengah hutan/gunung tanpa membawa alat penerangan apa pun, hiiii…

10. PERALATAN MANDI

peralatan mandi traveling
Tidak semua traveler merencanakan perjalanannya dengan menginap di hotel yang menyediakan satu set peralatan mandi lengkap. Hal ini khususnya untuk mereka yang bepergian ala backpacker, yang pastinya akan mencari hotel dengan harga seminimal mungkin sehingga fasilitas yang didapat pun juga minim, termasuk tidak menyediakan peralatan mandi bagi tamunya. Makanya, persiapkan peralatan mandimu sendiri gaes ketika sedang traveling. Karena kebutuhan akan mandi sangat penting untuk kita, atau lebih tepatnya.. mmm, penting untuk orang-orang di sekitar kita agar tidak pingsan karena bau badan kita.

11. PERMEN MINT

permen mint
Benda yang satu ini recommended banget untuk selalu dibawa. Mungkin pada saat bepergian, karena satu dan lain hal mungkin kita tidak sempat untuk menyikat gigi. Oleh karena itu, saat kita merasa kurang pede dengan bau mulut kita, kita bisa memakan perment mint untuk menyamarkan bau tersebut.

12. DRY BAG

dry bag
Buat kamu-kamu yang membawa banyak gadget dan barang elektronik, terutama saat destinasimu berhubungan dengan air, maka sebaiknya kamu menyiapkan dry bag untuk mengamankan barang bawaanmu agar tidak basah terkena air. Bisa saja kan tiba-tiba hujan turun saat kamu sedang berada di luar, dimana kamu susah untuk mencari tempat berteduh? Atau mungkin saat kamu sedang berada di atas perahu (misalnya pada saat diving dan snorkeling), dry bag ini akan menjadi barang yang sangat berguna.
Jadi ingat ya, ‘SEDIA DRY BAG SEBELUM HUJAN’

13. KOMPAS

kompas
Yang saya maksud di sini bukan surat kabar yes, tapi sebuah alat bernama kompas yang berfungsi untuk menunjukkan arah. Memang sih ada slogan maut “malu bertanya sesat di jalan” yang hampir selalu bisa diandalkan saat kita sedang kehilangan arah atau bingung dalam mencari tujuan
hidup yang dicari. Namun bagaimana bila kita sedang berada di tempat dimana tidak ada orang yang bisa kita tanyai? Misalnya kita sedang tersesat. Apa iya kita mau mengandalkan rasi bintang untuk memandu jalan? Makanya, bawa kompas buat berjaga-jaga.
Selain itu, kompas juga sangat berguna untuk para traveler yang beragama muslim sehingga mereka bisa tahu dimana arah kiblat untuk menjalankan ibadah dimanapun mereka sedang berada.

14. DUIT CASH

duit cash
Iya bener, benda yang terakhir kita harus bawa adalah duit cash yang cukup. Mungkin bagi kamu yang tinggal di kota besar telah terbiasa hidup dengan onggokan kartu di dompet. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, kartu fl*sh, e-money, dan sederet kartu-kartu lainnya yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Saat kamu melakukan traveling, belum tentu daerah tujuanmu bisa men-support transaksi yang dilakukan dengan dengan kartu-kartumu tersebut. Biasanya semakin terpencil suatu daerah, maka ‘kekuatan’ kartumu akan semakin melemah. Gak percaya? coba saja membeli es cendol di warung desa dengan kartu kreditmu yang limitnya puluhan juta sekalipun, gak akan laku! Hal yang sama berlaku juga saat kamu melakukan traveling ke luar negeri, pelajari dulu apakah kartu-kartumu itu support di lokasi yang akan kamu kunjungi. Hal ini akan berguna untuk menentukan berapa jumlah uang yang sebaiknya kita bawa.
Dan satu lagi, usahakan menyimpan uang cadangan yang diletakkan terpisah dengan dompetmu untuk motif berjaga-jaga di saat darurat misalnya pada saat dompet kita hilang, atau menjadi korban pencurian atau perampokan (ekstremnya sih gitu).


Copyright © 2009 seanana All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.